BERITA TERBARU
SMTDepag RI Kirim Kepala MANJ Ke Australia
Di tahun 2008 ini, kembali Depag RI mengirimkan beberapa kepala Madrasah Aliyah yang telah mengikuti kegiatan PPWKM sebelumnya. Kini kegiatan yang berorientasi pada pengembangan wawasan kepala Madrasah tersebut memilih Australia sebagai tempat belajar mulai tanggal 27April-09 Mei 2008. ...Selengkapnya...

Jelang UAN, Siswa Kelas XII Nonton Bareng

Pelaksanaan Ujian Akhir Nasional (UAN) sudah memasuki hitungan jari, berbagai strategi tentu telah dipersiapkan dan dilaksanakan, agar seluruh peserta dapat lulus dalam mengikuti UAN yang sejatinya akan dilaksanakan pada tanggal 22-25 April 2008 secara serentak bagi sekolah SLTA diseluruh tanah air.

Di MA Nurul Jadid (MANJ), selain pendalaman materi dan latihan soal-soal UAN atau yang biasa disebut dengan try out, ada acara nonton bareng bagi seluruh siswa kelas XII. Mereka secara bergilir menyaksikan pemutaran film The Secret.

Menurut Maltuf Siraj, Kepala MANJ. Film yang lebih banyak memberikan deskripsi tentang motivasi diri tersebut, dipandang perlu untuk disaksikan oleh seluruh siswa kelas XII yang sebentar lagi akan menghadapi UAN.

”Film ini akan melatih kita untuk membangkitkan semangat hidup dengan positif thinking yangt dimiliki pikiran dan perasaan kita,” jelasnya kepada siswa sebelum film diputar di perpustakaan untuk puteri dan di lab komputer untuk putera.

Setelah film selesai diputar, Maltuf memberikan beberapa penjelasan dari tayangan film yang berdurasi 95 menit. Menurutnya, dengan memulai berpikir positif dan membuang pikiran negatif, akan menuntun perasaan kita untuk memiliki semangat hidup.

Disinilah, lanjut dia, pentingnya semangat yang dilahirkan dari pikiran positif akan melahirkan pula kekuatan untuk menumbuhkan semangat dalam meraih cita-cita, urai kepala madrasah seusai film ditayangkan.

Film yang diangkat dari sebuah buku berjudul sama (the secret, red), hasil karangan Jack Canvil. Dalam alur ceritanya banyak ditampilkan beberapa komentar pakar, seperti Bob Proctor, seorang Philosopher yang memberikan deskripsi diawal cerita.

Menurut Bob Proctor, terdapat ”hukum gaya tarik” dari pikiran manusia yang memiliki pancaran gelombang pada saat perasaan dan pikiran menyatu yang melahirkan sebuah keinginan.

Oleh karenanya, pikiran yang memancarkan gelombang tersebut akan menarik keinginan-keinginan yang sama yang dipancarakan oleh orang lain mendekati dirinya. Oleh sebab itu, mulailah berfikir tentang orang-orang atau benda yang dicintai, karena hal itu akan menarik keindahan selanjutnya tanpa kita sadari, sehingga kesuksesan dengan mudah dapat kita raih.

Acara nonton bareng tersebut dilaksanakan pada pukul 11:30 dan berakhir tepat pukul 12:00. Setidaknya dengan menonton the secret, siswa kelas XII yang sejak pasca semester ganjil langsung digenjot dengan latihan-latihan dan pendalaman materi UAN dapat mengurangi depresi bagi mereka.

”Kita senang dengan film ini (the secret, red), karena bisa mengarahkan kita untuk bisa percaya diri dan positif thinking dalam beraktifitas, sehingga dalam menjalani hidup ini kita punya semangat untuk meraih cita-cita,” tutur Fatihatul Hidayatillah, siswi kelas XII dari program Keagamaan.

Namun tak semua siswa memiliki argumentasi sama seperti Fatih (sapaan akrab Fatihatul Hidayatillah), malah ada yang sebaliknya, salah satunya adalah Hanun, siswi dari kelas XII IPS tersebut berkomentar, ”Aku gak seneng dengan film tersebut yang hanya banyak bicara seperti forum seminar,” ceplos gadis asal Lumajang tersebut tak bersemangat. Lho kok...!?. (mwr)

Unknown mengatakan...

sempet nonto dokumentary ini beberapa bulan lalu, pertama sih... ehm.... .tapi kayaknya semua yang saya alami selama ini berawal dari keinginan dan banyangan kehidupan yang saya inginkan. Andaikan...aku bisa... ehm.... "If i would I could"
Holi-Bangkok

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Powered by    Login to Blogger