BERITA TERBARU
SMTDepag RI Kirim Kepala MANJ Ke Australia
Di tahun 2008 ini, kembali Depag RI mengirimkan beberapa kepala Madrasah Aliyah yang telah mengikuti kegiatan PPWKM sebelumnya. Kini kegiatan yang berorientasi pada pengembangan wawasan kepala Madrasah tersebut memilih Australia sebagai tempat belajar mulai tanggal 27April-09 Mei 2008. ...Selengkapnya...

PROFIL MA NURUL JADID

::SEJARAH SINGKAT
::VISI DAN MISI MADRASAH
::TUJUAN MADRASAH
::TANTANGAN NYATA MADRASAH
::SASARAN KEGIATAN
::PROSES PEMBELAJARAN
::PEMBINAAN KEDISIPLINAN
::SISTEM ADMINISTRASI DAN LAYANAN INFORMASI


SEJARAH SINGKAT MA. NURUL JADID

MA Nurul Jadid adalah salah satu lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Nurul Jadid yang berdiri secara resmi mulai tahun 1977, dengan mendapat SK. Yayasan tanggal 1 Januari 1978 dengan nomor : 0407/YNJ/A.III/I/1978.
Pada perkembangan selanjutnya MA Nurul Jadid mendapat status terdaftar dari Departemen Agama pada tahun 1980 dengan SK. nomor : L.m/3/222/1980, yang kemudian naik menjadi diakui dengan SK. nomor : B/E.IV/MA/0177/1994. Para pengelola tidak merasa puas dengan status madrasah sampai di sini saja, terbukti pada tahun 1997 status ini naik lagi hingga menjadi disamakan dengan SK. nomor : A./E.IV/MA/008/1997, dan pada akhir tahun 2005 berhasil terakriditasi dengan tipe A (Unggul), dengan SK nomor : A/Kw.13.4/MA/402/2006, terhitung sejak tanggal 19 Januari 2006.
Pada perkembangan selanjutnya, Madrasah Aliyah Nurul Jadid mendapatkan undangan dari Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam untuk mengikuti Workshop Penyusunan Madrasah Development and Investment Plan (MDIP). Acara ini dilaksanakan di Wisma Syahida Kampus II-UIN Syarif Hidayatullah selama tiga hari, tanggal 17-19 Januari 2006.
Dalam acara yang diikuti pelbagai madrasah yang telah memperoleh akreditasi A seluruh Indonesia tersebut, akhirnya MANJ ditunjuk sebagai satu-satunya madrasah dari Provinsi Jawa Timur yang berhak mengembangkan madrasahnya dengan standar internasional mulai tahun pelajaran 2006/2007


VISI MADRASAH
Terdepan dalam membentuk siswa yang berkualitas dalam IMTAQ dan IPTEK berstandar Internasional.

INDIKATOR VISI
• Unggul dalam kemampuan intelektual
• Unggul dalam keterampilan / skill.
• Unggul dalam beraktivitas keagamaan dan berakhlaqul karimah
• Unggul dalam prestasi akademik
• Unggul dalam persaingan melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi baik di dalam maupun di luar negeri.

MISI MADRASAH

• Mengembangkan kurikulum nasional dan internasional sesuai dengan kebutuhan zaman.
• Melaksanakan proses pembelajaran yang aktif kreatif dan efektif dalam rangka mengembangkan potensi intelektual dan skill siswa
• Menumbuhkan motivasi dalam aktivitas keagamaan dan berakhlaqul karimah
• Mengembangkan potensi akademik secara optimal sesuai dengan bakat dan minat untuk mencapai prestasi akademik yang kompetitif baik nasional maupun internasional

TUJUAN MADRASAH

• Menyiapkan siswa agar mampu menguasai ilmu agama dan ilmu umum khususnya matematika dan sains dengan standar internasional
• Menyiapkan siswa untuk mempunyai skill/keterampilan khususnya dalam bidang ICT agar mampu bersaing baik di tingkat nasional maupun tingkat global
• Menyiapkan siswa untuk menguasai dan menghayati dasar-dasar keagamaan serta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari dengan dijiwai akhlaqul karimah.
• Menyiapkan siswa untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi baik di dalam maupun di luar negeri
• Menyiapkan siswa untuk mempu berkomunikasi secara aktif dengan menggunakan bahasa Arab dan atau bahasa Inggris

TANTANGAN NYATA MADRASAH
•Menguatnya tuntutan masyarakat terhadap pendidikan yang berkualitas.
•Ditetapkannya Standar Nasional Pendidikan untuk mengukur tingkat kemajuan dan mutu lembaga pendidikan.
•Diproyeksikannya sekolah-sekolah di Indonesia untuk dikembangkan sebagai Sekolah Bertaraf Internasional (SBI)
•Persaingan kualitas pendidikan ditingkat global

SASARAN KEGIATAN
•Meningkatkan profesionalitas tenaga pendidik dan kependidikan melalui pendidikan dan pelatihan yang terprogram
•Meningkatkan kemampuan tenaga pendidik dan kependidikan dalam berkomunikasi secara aktif dengan menggunakan bahasa Arab dan atau bahasa Inggris. Baik di dalam maupun di luar kelas.
•Meningkatkan kemampuan tenaga pendidik dalam menggunakan ICT untuk efektifitas pembelajaran di dalam kelas.
•Mengembangkan kurikulum bidang studi matematika dan sains dengan mengkombinasikan kurikulum nasional dan internasional.
•Melengkapi fasilitas pembelajaran yang memadai meliputi ruang belajar, perpustakaan, laboratotrium bahasa, laboratorium komputer, laboratorium sains, ruang multimedia, laboratorium IPS, ruang pertemuan, sarana olahraga, kamar kecil, kantin, gudang.
•Meningkatkan perolehan nilai rata-rata UN 7,50 untuk matematika, dan sains dan 9,00 untuk mata pelajaran selain keduanya.
•Meningkat efektifitas dan efisiensi layanan administrasi dan informasi dengan standarisasi ISO dan mengembangkan sistem informasi manajemen (SIM) berbasis ICT.

PROSES PEMBELAJARAN
Pembelajaran dibeberapa kelas dilaksanakan berbasis ICT dengan menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris untuk mata pelajaran matematika-sains dan bahasa Arab untuk mata pelajaran Agama. Siswa didorong untuk mampu belajar secara lebih mandiri dengan mengembangkan model pembelajaran diskusi dan seminar serta praktikum. Selain itu siswa juga difasilitasi jaringan internet baik di kelas maupun di perpustakaan untuk memberikan kemudahan kepada mereka mengakses informasi informasi baik yang berhubungan dengan materi pelajaran maupun yang lain. Kegiatan pembelajaran tidak hanya dilakukan pada pagi hari dan disekolah saja tapi juga pada sore hari dan di asrama masing-masing program.
Pembelajaran extra ini dilaksanakan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam mata pelajaran pokok dari tiap program dan skill mereka seperti ICT, kebahasaan, jurnalistis, karya tulis ilmiah, pidato, diskusi, praktek organisasi, kaligrafi, tataboga, olah raga dll. Untuk mendukung kegiatan-kegiatan ini OSIS secara periodik menerbitkan buletin tiga bahasa. Program Bahasa dan Keagamaan menerbitkan buletin Bilingual dan Program IPA standar internasional menerbtikan buletin berbahasa Inggris.


PEMBINAAN DISIPLIN
Untuk membina kedisiplinan siswa di madrasah ini diberlakukan sistem skoring pelanggaran tata tertib madrasah. Apabila skor pelanggaran telah mencapai angka tertentu maka dilakukan beberapa tindakan dari yang teringan hingga yang terberat (dikeluarkan dari sekolah atau dimutasi).



SISTEM ADMINISTRASI DAN LAYANAN INFORMASI
Administrasi madrasah dikembangkan ke arah berbasis ICT dengan sistem data base meliputi administrasi kesiswaan, ketenagaan, keuangan, sarana prasarana, perpustakaan dll. Dan untuk memberikan layanan informasi yang cepat kepada stakeholder madrasah ini telah mempunyai website yang dapat menginformasikan perkembangan madrasah dari waktu ke waktu dengan data yang selalu di update yaitu: manuruljadid.blogspot.com

:: KEMBALI KEATAS

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Powered by    Login to Blogger